Klinik Komposter Jakarta-composting system improvements

Penerapan Zambrud Khatulistiwa :
 Terapkan (siramkan/tuangkan) setiap 3 – 6 bulan sekali ke dalam tangki septik atau melaIlui saluran pembuangan (jamban/kloset) dengan dosis 1-3 liter larutan dalam tangki septik kapasitas rumah tangga
 Untuk masalah bau dapat langsung disemprotkan atau disiramkan kepada sumber bau (dapat di encerkan setiap 200 cc dalam 1 liter air).
Zambrud Khatulistiwa berbahan dasar mikroba (bakteri pengurai) yang berfungsi mengurai atau mendegradasi limbah (tinja) yang ada di septic tank. Jadi,Zambrud Khatulistiwa ini adalah menambah jumlah bakteri pengurai yang ada di septic tank. Hal tersebut karena jumlah bakteri pengurai alamiah yang ada di septic tank tidak mencukupi untuk mendegradasi limbah sesuai dengan kapasitas. Sehingga kemampuannya terbatas yang berakibat jumlah yang diurai dengan jumlah limbah yang bertambah tidak seimbang. Secara normal kemampuan bakteri alamiah adalah 3-4 hari untuk mengurai limbah dengan sempurna.
Setelah ditambah dengan Zambrud Khatulistiwa maka kemampuan bakteri pengurai alamiah dan tambahannya meningkat drastis dari segi jumlah maupun kemampuannya. Proses penguraian (degradasi) menjadi jauh lebih cepat yaitu 6 jam dari sebelumnya yang memerlukan waktu berhari-hari.
Hasil dari proses penguraian ini adalah air limbah yang keruh dan bau menjadi jernih dan Fresh dengan ph = NORMAL. Air yang jernih tersebut dengan mudah akan diserap oleh tanah sehingga bermanfaat bagi lingkungan dan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: